Samsung Galaxy A20s lebih baik dari pendahulunya, Samsung Galaxy A20?

Sejak awal tahun ini Perusahaan elektronik asal korea, Samsung, menggeber produksi dan penjualan smartphone di segmen pasar mid-to-low. Hal tersebut terbukti dengan penjualan seri Samsung galaxy A yang mencapai 56 persen penjualan dari total smartphone Samsung yang terjual di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia, Seri Samsung galaxy A termasuk smartphone yang banyak dicari di pasaran.

Pada bulan April lalu, Samsung secara resmi merilis Samsung galaxy A20 di pasar Indonesia. Lalu pada akhir September “kakak” dari Samsung galaxy A20 juga resmi dirilis di Indonesia, yaitu Samsung galaxy A20s. Ada penambahan huruf “s” pada tipe ini. Tentunya penambahan huruf “s” tersebut diiringi dengan peningkatan kualitas dibandingkan sang adik. Lantas apa saja peningkatan kualitas Samsung galaxy A20s dari Samsung A20s tersebut?

  1. Kamera

Fitur ini adalah upgrade yang paling mencolok dari smartphone Samsung seri kakak-beradik ini. Jika Samsung galaxy A20 hanya memiliki kamera ganda pada kamera utama, Maka sang kakak, Samsung galaxy A20s, memiliki kamera trio pada kamera utamanya. Spesifikasi kamera belakang Samsung galaxy A20s adalah 13+8+5 MP dengan kemampuan live focus pada Ultrawide kamera. Hal tersebut jauh lebih bagus dibandingkan spesifikasi kamera belakang Samsung galaxy A20 yang hanya berkekuatan 13+5 MP. Sedangkan pada kamera depan Samsung galaxy A20s masih memiliki kekuatan yang sama dengan seri Samsung galaxy A20 yaitu 8 MP. Hal ini semakin memanjakan para pengguna yang doyan banget foto-foto.

Sumber: www.samsung.com

  1. Layar

Samsung galaxy A20s memiliki lebar layar sebesar 6.5 inci. Sedikit lebih lebar 0.1 inci dibandingkan dengan Samsung galaxy A20 yang hanya memiliki lebar layar 6.4 inci. Keduanya sama-sama memliki kualitas HD+ 1560×720 pixel. Tipe layar pada Samsung galaxy A20s juga berbeda dengan tipe layar pada Samsung galaxy A20. Samsung galaxy A20s mengunakan tipe layar PLS-TFT, sedangkan Samsung galaxy A20 menggunakan tipe layar super AMOLED. Kedua tipe layar ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meski begitu, yang jelas ukuran layar lebih lebar membuat Samsung galaxy A20s menjadikan user menjadi lebih ‘lega’ saat menonton video menggunakan smartphone ini.

  1. RAM dan Memori Internal

Samsung galaxy A20 memiliki RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB. Sedangkan Samsung galaxy A20s memiliki dua varian yaitu RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB, dan RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Adanya varian tersebut menjadikan tipe Samsung galaxy A20s memiliki range pilihan yang lebih luas Sehingga user dapat memilih kapasitas memori sesuai dengan kebutuhan mereka.

  1. Model

Meskipun terdengar sepele, upgrade ini membuat Samsung galaxy A20s jauh lebih indah dipandang dibandingkan Samsung galaxy A20. Samsung galaxy A20s menawarkan warna-warna yang lebih atraktif dibandingkan Samsung galaxy A20 yang memiliki warna hitam monoton pada case bagian belakang.

Sumber: www.samsung.com

Keempat fitur upgrade Samsung galaxy A20 menjadi Samsung galaxy A20s di atas tentunya diiringi dengan kenaikan harga dari tipe ini. Berdasarkan laman resmi dari Samsung, saat artikel ini ditulis smarthphone Samsung galaxy A20s dibanderol dengan harga Rp 2.299.000,- untuk tipe dengan ukuran RAM 3 GB dan Rp 2.599.000,- untuk tipe dengan ukuran RAM 4 GB. Sedangkan untuk tipe yang lebih lama, Samsung galaxy A20, dibanderol dengan harga Rp 2.099.000,-. Perbandingan harga keduanya tak jauh memang. Hal tersebut karena ada beberapa downgrade pada Samsung galaxy A20s yang akan kami bahas di part berikutnya.

Leave a Reply